Rabu, 26 Desember 2012

Pemerintah Blokir Akun @triomacan2000

Tak sedikit akun twitter anonim atau yang tidak jelas identitasnya beredar di dunia maya, salah satunya adalah akun @triomacan2000. Akun-akun itu kemudian menjadi populer karena memberitakan aib orang-orang penting di negeri ini.

Namun demikian, tudingan-tudingan yang mereka lontarkan ternyata belum tentu kebenarannya sehingga membuat gerah orang-orang yang disebut. Mereka yang gerah antara lain, Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung, Marwan Effendy; Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama; dan Staf khusus Kementerian Negara Perekonomian, Abdul Rasyid.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan manajemen Twitter pernah menawarkan pada kementerian dan seluruh otoritas komunikasi di seluruh dunia untuk memblokir akun-akun Twitter yang dinilai bermasalah. Namun mereka memutuskan untuk menolak.

"Pak Tifatul [Menkominfo Tifatul Sembiring] waktu itu bijak. Nggak, kami tidak ingin menggunakan tawaran yang digunakan oleh Twitter. Biarkan demokrasi di Indonesia berkembang apa adanya," kata Gatot di Hotel Millenium, Jakarta, Minggu 2 Desember 2012.

Gatot mengungkapkan Kemenkominfo lebih memilih untuk menyerahkan pada mekanisme hukum. Jika ada pihak yang merasa dirugikan, dia mengimbau untuk melapor kepada polisi.
"Kalau ada orang yang keberatan, cukup menggunakan aturan yang ada seperti Undang-undang Informatika dan Transaksi Elektronik. Kita lihat di pasal 27 ayat 3 (UU ITE), pencemaran nama baik. Unsurnya terpenuhi nggak?" katanya.

Jika terpenuhi, kepolisian pada akhirnya akan memprosesnya. Dan jika in kracht, maka Kemenkominfo akan memblokir akun Twitter yang bermasalah tersebut. "Kalau langsung menutup (tanpa putusan pengadilan), kami salah," ujarnya.

Mudah Lacak Akun Anonim

Dia menegaskan bahwa untuk melacak siapa pengguna sebuah akun Twitter anonim tidaklah sulit. Syarat utama adalah adanya pihak yang merasa dirugikan dan melaporkan ke polisi. "Nggak susah, walaupun upload to upload, atau dalam bahasa matematika pangkat berpangkat, ketemu juga," katanya.

Terkait akun @triomacan2000, Gatot menambahkan sejauh ini polisi belum meminta Kemenkominfo untuk membantu. Namun, dia yakin polisi memiliki kemampuan untuk menemukan siapa admin dari akun tersebut.

"Polisi dengan kemampuan sumber daya manusianya mereka bisa. Jangan under estimate pada kepolisian. Mereka sudah tahu yang dilakukan," ucapnya. Sumber
Judul: Pemerintah Blokir Akun @triomacan2000
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Greenscarletz
Written by: Greenscarletz
Greenscarletz Blog, Updated at: 01.38